Air Terjun Madakaripura

Rasakan Eksotisme Dari Air Terjun Tertinggi Kepulauan Jawa

Posted on

Kita sudah melihat industri pariwisata Indonesia kian bangkit beberapa tahun terakhir. Gak heran travelers, Indonesia sungguh punya seambrek kekayaan alam yang sudah siap buat dieksplorasi, mulai dari pariwisata alam gunung, pantai, kebun, hutan, hingga ke air terjun pun menjadi industri pariwisata terkenal. Bicara tentang wisata air terjun, Jawa Timur lebih tepatnya Probolinggo mempunyai satu air terjun yang amat eksotis dan tersohor akan keindahan panorama sekitarnya disana, yakni Air Terjun Madakaripura. Curug atau air terjun yang berada di Kecamatan Lumbang, Probolinggo itu mengantongi ketinggian paling tidak 200 meter juga ialah air terjun tertinggi di Kepulauan Jawa dan tertinggi kedua di tanah air kita.

Air Terjun Madakaripura sendiri bentuknya ceruk yang dihiasi oleh bukit yang lalu airnya menetes di seluruh bidang tebing hingga nampak semacam sedang hujan saja. Belum hanya itu saja, “hujan abadi” itu juga berlaku pelengkap air terjun utamanya. Terdengar menarik juga eksotis ya guys? Lalu gimana cara pergi ke Air Terjun Madakaripura? Tuk menuju ke air terjun itu, kamu musti mengarahkan kendaraan menuju Desa Sapih, tepatnya di Lumbang, Probolinggo. Saat sudah ada di pusat kota Probolinggo tersebut, maka Lumbang tinggal terpaut sekitar jauhnya 30 kilometer saja ke arah Probolinggo bagian utara.

Kemudian, kamu bakal tiba di Desa Sukapura dan kamu segera menemui pertigaan dengan simbol yang memperlihatkan Gunung Bromo ke kiri dan Air Terjun Madakaripura ke arah kanan. Ambil arah kanan karena kita mau menuju ke air terjun madakipura, dan jarak dari pertigaan tersebut tuk sampai di pintu masuk lokasi air terjun kurang lebih 4 kilometer lagi. Untuk masuk ke obyek wisata ini, kamu musti bayar tiket masuk seharga Rp 5.000/orang untuk semua umur dari usia 4 tahun.

Setibanya di pintu gerbang, maka kerja keras kamu pun baru bakal dimulai, guys hehe. Sebab tuk sampai ke air terjunnya ini, kamu musti berjalan sepanjang 1 kilometer melalui jalan setapak yang telah disemen oleh penduduk sekitar dengan bantuan pemerintah daerah. Mengingat medan yang lumayan terjal, maka kamu pun ada baiknya memakai jasa pemandu dengan tarif kurang lebih Rp 50.000. Tidak hanya dapatkan memandu saja, semua pemandu ini juga siap sedia tuk membantu membawakan barang bawaanmu. Maka, amat bermanfaat. Menuju Air Terjun Madakaripura emang membutuhkan perjuangan yang tak mudah. Tapi percayalah, semua rasa lelah bakal terbayar saat melihat air terjun eksotis yang megah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *