Goa Jomblang Gunungkidul

Goa Jomblang – Cahaya Surga Gunungkidul

Posted on

Setelah anda membaca artikel wisata tentang wisata di Pulau Payung sekarang kita beralih ke Goa Jomblang, Goa Jomblang Gunungkidul ialah contoh nyata seperti apa wisata Jogja sanggup menjadi magnet luar biasa untuk para pengunjung yang suka dengan petualangan di alam. Di sini kita tak sedang mengupas Yogyakarta yang identik pada Malioboro dan Keraton, namun Yogyakarta dari sudut lain terdiri dari wisata alam yang tak kalah seru. Goa Jomblang Gunungkidul mempunyai pesona alam yang unik, terutama bagi mereka yang suka petualangan. Wisata Goa Jomblang bisa memberikan Kalian pengalaman wisata yang memacu adrenalin. Ketangguhan Goa Jomblang jadi area uji adrenalin pun sudah diakui oleh mata dunia internasional. Hal tersebut terbukti dengan diselenggarakannya acara “Amazing Race America” di tahun 2011 lalu dimana Goa Jomblang difungsikan tuk satu dari sekian banyak rute di event tersebut. Goa Jomblang Gunungkidul tergolong tipe goa vertikal dengan tipe “Collapse Doline” yang berasal dari peristiwa tandasnya tanah ke dasar bumi serta vegetasinya saat ribuan tahun silam. Reruntuhan dari peristiwa alam itu akhirnya menghasilkan “sinkhole” atau sumuran yang menganga, yang didalam bahasa Jawa kian populer dijuluki Luweng. Sebab memiliki mulut goa yang lebar dan cukup besar sekitar 50 m ukurannya, maka mulut Goa Jomblang kerap juga dinamakan Luweng Jomblang.

Teknik menuruni Goa Jomblang

Disamping membutuhkan nyali besar, tuk menelusuri Goa Jomblang Gunungkidul pun diperlukan penguasaan teknik SRT, Single Rope Tecknique, atau tali tunggal. Siapapun yang menggelar aktivitas caving di Goa Jomblang itu wajib tuk memakai peralatan khusus yang memenuhi standar security caving menjelang menyusuri goa vertikal tersebut. Tidak cuma teknik SRT, Kalian juga wajib ditemani oleh penelusur goa profesional. Goa Jomblang Gunungkidul mempunyai ketinggian bervariasi, mulai dari 38m hingga 75 m dari bibir ke dalam goa. Jika Kalian baru pertama kali menjelajah di goa vertikal itu, disarankan untuk mencoba yang pendek lebih dulu. Lintasan paling pendek dianggap sebagai lintasan VIP, dimana 15 m pertama teras VIP bertipe slope terbilang dapat dilalui dengan jalan kaki. Tetapi setelah itu, lintasan selanjutnya harus dilewati menggunakan tali yang mana Kalian harus menuruni tali yang panjangnya lebih dari 20 m hingga tiba di dasar goa. Ketika selesai menjejakkan kaki di dasar goa, rasa waspada selama menuruni tali bisa dipastikan pasti hilang sekejap.

Menelusuri Goa Jomblang Gunungkidul

Tuk bisa menikmati pengalaman caving di Goa Jomblang itu, Kalian dapat ambil paket cave tubing yang tersedia oleh sekian banyak kelompok penikmat caving yang berada di sana. Biasanya, biayanya hingga Rp 450.000 selama menjelajah. Biaya itu sudah tergolong antar jemput dari Wonosari – Semanu, minuman, lunch, dan tarif sewa peralatan entrance goa. Jika Kalian datang secara rombongan, disarankan jumlah peserta tak lebih dari 25 orang. Pihak pengelola goa membatasi jumlah peserta dan maksimal hanya 25 orang saja tuk sekali masuk. Disamping Goa Jomblang, di Jogja masih ada juga obyek wisata goa lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu Goa Pindul.

  1. Pesona Goa Jomblang Gunungkidul: Selesai menuruni terjalnya Goa Jomblang, Kalian akan disuguhi panorama yang fantastis. Jika di bagian atas Goa Jomblang Gunungkidul itu Kalian hanya bisa menyaksikan gugusan perbukitan Karst dan pohon-pohon jati yang berakar panjang, maka sebaliknya ketika di dasar Goa Jomblang Kalian akan melihat hamparan hutan hijau yang lebar dan subur.
  2. Pemandangan bagian atas Goa Jomblang: Mulai dari tumbuh-tumbuhan paku-pakuan, bermacam-macam jenis lumut, sampai pohon-pohon besar berdiri rapat seolah olah menyediakan nuansa surga yang memang jauh bertolak belakang dengan suasana di atas permukaan tanah. Hutan hijau itu lebih dikenal dengan panggilan hutan purba. Semenjak amblasnya tanah ke dasar bumi, vegetasi hutan selalu bertumbuh dengan subur sampai sekarang. Petualangan di Goa Jomblang Gunungkidul itu tak hanya berhenti di dasar goa saja. Perjalanan bakal dilanjutkan ke Luweng Grubung dengan lebih dulu masuk kedalam mulut goa yang ukurannya besar.
  3. Pintu masuk Goa Jomblang: Antara Jomblang dan Grubung terkoneksi via sebuah lorong dengan panjangnya 299 m. Di sekitar lorong ini, Kalian dapat menyaksikan ragam ornamen indah semacam stalagmit, stalagtit, dan batu kristal yang menggetarkan hati. Tidak lama kemudian, Kalian akan menyaksikan seberkas cahaya terang di tengah-tengah gemuruh aliran sungai. Itulah oleh para penikmat cave tubing dikenal dengan istilah “Cahaya Surga” di Goa Jomblang Jogja.
  4. Cahaya Surga di Goa Jomblang Gunungkidul: View menakjubkan itu sungguh mempesona, melihat air sungai bawah tanah yang mengalir deras diselingi cahaya mentari yang masuk lewat Luweng Grubung dari tinggi 90 metre menghasilkan satu mistar cahaya yang sungguh fantastis cantiknya. Apalagi saat cahaya tersebut menyinari keindahan flowstone dan dari gelapnya dasar goa, memang amat berkesan.
  5. Hotel di Goa Jomblang Gunungkidul: Pada normalnya, wisatawan pasti mengambil area menginap di Wonosari. Wonosari merupakan ibukota dari Kabupaten Gunungkidul. Walau terdapat sekian banyak hotel, tapi pilihan menginap yang terkenal adalah guest house di Gunungkidul supaya perjalanan ke lokasi goa sedikit dekat, seperti Orlinds Joglo Guesthouse, dan Orlinds Rambutan Guesthouse. Kalian bisa mencari hotel ataupun penginapan tidak jauh dari Goa Jomblang secara online agar memastikan untuk ketersediaan kamarnya.
  6. Rute Perjalanan ke Goa Jomblang: Tuk bisa tiba di Goa Jomblang Gunungkidul, jalur perjalanan yang musti ditempuh tidak begitu sulit. Dari sentral kota Jogja, travel ke lokasi hanya menempuh jarak 50 km dengan membutuhkan waktu 50 menit perjalanan. Wisata ke Goa Jomblang biasanya ditawarkan dalam format paket travel, dengan begitu Kalian akan dijemput dan pastinya difasilitasi perlengkapan sesuai standar tuk bisa menelusuri “Cahaya Surga” di Goa Jomblang itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *